Berita

Anda berada di :Home>>News>>Update

Call of Duty: Mobile Season 5: Tropical Vision

25/05/22Update

Empat wanita bergerak untuk melewati Apocalypse, namun tidak ada yang siap mengenai rahasia jahat yang mereka akan temukan didalam Call of Duty: Mobile Season 5: Tropical Vision! Persiapkan diri kamu untuk Rampage, karakter baru dari Season 5 Battle Pass, yang tidak akan berhenti untuk mencapai balas dendamnya! Ambil juga senjata Oden - Megalodon dan lemparkan Echo Grenade untuk mengetahui lawan yang sedang bersembunyi! Rivas - Smuggler, Park - Survivor, dan Rosa - Animal Instincts akan bertarung bersama kamu dengan AK-47 - Mania, Kilo Bolt-Action - Stalk, dan PKM - Bamboo Ballistics milik mereka! Ketika kamu sudah siap, ikuti juga event spesial Season 5 Pump the Brakes! Apakah peralatan teknologi rahasia milik lawan bisa mengganggu balas dendam milik Rampage? Mainkan sekarang! 

Season 5: “Tropical Vision” membawa konten baru termasuk:
Map Baru Apocalypse: Petunjuk misterius membawa kalian ke markas musuh. Kali ini kalian harus melewati lingkungan kompleks ditengah hutan tropis!
Assault Rifle Baru Oden: Gunakan seluruh variasi Large Caliber Ammo untuk mengalahkan musuh!
Mode Guns Blazing: Bertarung sebagai Prajurit Super, Biarkan kemarahan kamu yang mengambil alih!
Login sekarang dan mainkan konten baru setelah update!

Multiplayer
Map Baru

Apocalypse
Petunjuk membawa tim kamu menuju hutan belantara di negara Laos. Disini kamu akan mengambil alih benteng milik kartel. Kalian harus berhati-hati karena bahaya selalu datang tiba-tiba ditengah hutan tropis ini!

Mode Baru
Mode Guns Blazing kembali

Mode baru dimana dua prajurit super akan bertarung melawan satu sama lain selagi mengakumulasi kemarahan! Pemain akan mendapatkan Rage ketika mendapatkan Kill beruntun atau mati. Ketika Rage Bar penuh, pemain bisa berubah menjadi Prajurit Super! Ketika menjadi Prajurit Super, pemain memiliki lebih banyak HP dan menggunakan Death Machine dengan kedua tangan!

Ranked Match

  • Hadiah telah kami ganti sesuai dengan tema Season saat ini.
  • Optimisasi matchmaking untuk pemain dengan Rank Legendary agar bisa bertemu dengan pemain Rank Grand Master ketika bermain solo/sendiri.
  •  Pengurangan probabilitas dimana tim dengan 5 pemain dengan Rank rendah bisa bertemu dengan tim dengan 5 pemain dengan Rank yang lebih tinggi.
  • Meningkatkan kompensasi untuk poin Rank untuk pemain Solo yang bertemu dengan pemain yang bermain dalam satu tim. Notifikasi kompensasi akan keluar ketika diawal pertandingan
  • Mengeluarkan kembali matchmaking untuk tim dengan 4 orang pada Rank tinggi. 

Senjata Baru
Assault Rifle Oden
Assault Rifle otomatis dengan 12.7mm large-caliber yang memiliki kecepatan menembak lambat namun memiliki damage yang tinggi. Bisa mengeluarkan berbagai tipe peluru sesuai dengan Attachment yang digunakan.

Tactical Equipment Echo Grenade
Granat yang mengeluarkan gelombang suara untuk mendeteksi musuh.

Battle Royale
Mode Baru
BR Prop Hunt

Saatnya bermain dengan Prop Hunt didalam map BR ditengah kota legendaris. Pemain akan dibagi menjadi dua kubu, kubu Hunter dan Prop! Bergerak secepat mungkin karena hanya beberapa pemain yang berubah menjadi Hunter.
Hunter bisa menggunakan Skill Scan untuk menemukan lokasi dari seluruh Prop dan Prop bisa menggunakan Skill Charged Leap untuk kabur dari situasi bahaya!
Kartu Skill Sekali Pakai yang terdiri dari Invisible, Invincible, Shape Shift, dan Flash akan muncul secara acak didalam map dan hanya bisa digunakan oleh Prop. Selain itu, Poin juga bisa didapatkan didalam map dan hanya bisa diambil oleh para Prop.
Menuju akhir dari pertandingan, poin yang bisa didapatkan oleh Prop akan meningkat dan Skill Scan berubah menjadi Deadly Focus untuk Hunter. Deadly Focus akan meningkatkan kecepatan gerak dan meningkatkan kemampuan untuk mencari Prop.
Pada akhir pertandingan, ranking akan ditentukan sesuai dengan score diantara kubu Prop dan Hunter

Fitur Baru 

Kustomisasi Minimap 

  • Fitur Baru: Tahan lama minimap untuk melihat ukuran besar map, lepas untuk menutupnya. Pemain bisa mengatur ini didalam setting kustomisasi minimap.

Kustomisasi HUD

  • Tampilan sebelum dari Lite HUD hanya bisa mendukung Mode-mode tertentu saja. Pada versi ini, kami telah menambahkan fitur ini untuk seluruh mode MP yang tersedia didalam game.

Posisi Point Berikutnya di mode Hardpoint 

  •  Ketika point Hardpoint telah mencapai 10 detik, lokasi Hardpoint berikutnya akan dinotifikasikan kepada pemain melalui tampilan HUD pemain dan minimap. 

Update Fungsi
Optimisasi Respawn Mode FFA 

  • Mengoptimisasi lokasi respawn dimana pemain bisa respawn terlalu dekat dengan satu sama lain pada map tertentu di mode FFA.

Optimisasi Tombol Lompat

  • Menyentuh tombol lompat ketika ADS tidak lagi memicu reaksi melewati rintangan atau halangan yang berada didepan pemain

Optimisasi Informasi Lokasi Hardpoint

  •  Sekarang pemain bisa melihat seluruh point dan informasi dari urutan Hardpoint ketika memasuki permainan di mode Hardpoint.

Optimisasi Suara

  • Tekan dan tahan pada tombol mikropon telah diganti menjadi klik dan mengizinkan mikropon selama 10 detik
  • Tombol channel teman diblokir ketika memasuki game tanpa tim, dan UI telah kami sederhanakan.

Optimisasi Observer pada mode MP

  • Sekarang memperlihatkan Scorestreak seluruh pemain di menu observer.
  • Optimisasi sinkronisasi performa lajur dan arah tembakan pada perpsektif First Person. Kini tampilannya mendekati arah tembakan yang dilakukan oleh pemain secara actual.
  • Mengganti sisi merah menjadi sisi kuning untuk observer
  • Penambahan tanda merah pada bar HP musuh ketika pemain yang diamati berhasil mengidentifikasi musuh.
  • Menambah tampilan mode dan informasi map pada file Replay.

Optimisasi Orientasi Awal 

  • Optimisasi permasalahan dimana orientasi awal terkena reset ketika hitung mundur game selesai. Sekarang orientasi pemain akan tetap sama walaupun setelah hitung mundur game selesai. 

Update Performa
Optimisasi Lintasan Peluru

  • Sekarang lintasan peluru dari anggota tim dan musuh akan terlihat lebih jelas dan lebih mudah untuk mendapatkan informasi.

Optimisasi Tombol Reload

  • Penambahan indikator progres pada posisi bar senjata ketika Reload
  • Penambahan indikator volume peluru pada crosshair di mode Third Person

Optimisasi Performa Senjata

  • Optimisasi performa kamera ketika proses mengganti senjata, sekarang ada kamera yang bergerak selama kita mengganti senjata untuk mengetahui lingkungan sekitar saat reload
  •  Optimisasi suara ketika mengganti senjata dan memiliki tanda lebih jelas ketika sedang berlangsung.
  • Optimisasi aksi reload dari AK117, ASM10 dan Peacekeeper MK2
  • Penambahan performa untuk Bolt Hold Open untuk DR-H dan Renetti

Optimisasi Suara Broadcast

  • Optimisasi permasalahan dimana peringatan “Sniper Ditemukan” terlalu sering keluar ketika bertemu dengan lawan yang menggunakan Sniper dalam waktu yang berdekatan
  • Optimisasi logika munculnya suara karakter yang digunakan

Optimisasi Lainnya
Optimisasi performa dengan mengurangi efek musuh yang berteleportasi ketika bergerak terlalu cepat. 

Update Fungsi 

  • Penambahan ikon feedback untuk pengurangan damage yang diterima setelah knocked
  •  Memprioritaskan UI pada anggota tim yang sedang knocked
  • Meningkatkan akurasi UI untuk kompas
  • Optimisasi kecepatan respon dari menahan lama bar medicine dan granat 
  • Optimisasi performa tampilan awal Alcatraz untuk mengurangi lag

Penyesuaian Senjata dan Item
Multiplayer & Battle Royale
Penyesuaian Persebaran Peluru untuk AR/SMG/LMG
Pada versi kali ini, kami telah melakukan evaluasi dan penyesuaian secara bersamaan untuk senjata AR/SMG/LMG. Secara keseluruhan, distribusi persebaran rata-rata untuk setiap senjata telah dikurangi dengan detil dibawah ini:

  • Pengurangan persebaran peluru pada posisi ADS dengan skala besar (>20%) untuk senjata Swordfish, M16, Pharo, LK24, FR .556, ICR-1, AK-47, HVK-30, Man-O-War, HBRa3
  • Pengurangan persebaran peluru pada posisi ADS dengan skala menengah (10% - 20%) untuk senjata M4, M4LMG, DR-H, UL736
  • Pengurangan persebaran peluru pada posisi ADS dengan skala kecil (<10%) untuk senjata Kilo 141, KN-44, M13, ASM10, AK117, BK57, CR-56 AMAX, RPD, AS VAL, Type 25, Holger 26, GKS, Chopper, Hades, QQ9, QXR

Meningkatkan persebaran peluru untuk RUS-79U
Pada versi sebelumnya, persebaran peluru senjata ini terlalu akurat, bahkan melebihi Marksman Rifle. Kami telah meningkatnya untuk menyeimbangkan senjata ini didalam meta.

Seluruh perubahaan diatas hanya berlaku untuk mode Battle Royale. Didalam mode Battle Royale, persebaran peluru untuk seluruh senjata merupakan 60% dari yang berlaku di mode Multiplayer.

Penyesuaian Kecepatan Gerak untuk AR/SMG/SG/SR
Kami telah menyesuaikan mobilitas senjata dari seluruh senjata berdasarkan tipe dan jenis nya agar mobilitas senjata menjadi lebih universal dan sesuai dengan karakteristik senjata yang kami inginkan.

  • Sedikit meningkatkan kecepatan gerak untuk senjata DR-H, HVK-30, CR-56 AMAX, HBRa3, AK117, M13, KRM-262, R9-0
  • Sedikit meningkatkan kecepatan gerak pada posisi ADS untuk senjata M21 EBR, SVD

Mengurangi kecepatan gerak untuk Attachment dengan detil dibawah

  • PPSh-41 Fast Reload +8% → +5%
  • QQ9 Tactical Barrel +5% → +4%
  • QQ9 No Stock +5% → +4%

Mengurangi kecepatan gerak pada posisi ADS untuk Attachment dengan detil dibawah

  • MAC-10 Combat Stock & Steel Stock +20% → +16%
  • Fennec Light Stock +15% → +12%
  • Fennec Light Mag +5% → +4%
  • MX9 Agile Stock +40% → +37%

RPD

  •  Meningkatkan jarak menembak pada jarak menengah 
  • Meningkatkan perhitungan Damage pada bagian kepala

Attachment baru RPD - Cooling Compressor Barrel
Ketika digunakan, mode menembak senjata berubah menjadi mekani overheat. Mengontrol panas adalah kunci untuk memiliki senjata yang stabil dan bisa menembak secara terus menerus.

Karakteristik dari Cooling Compressor Barrel
Positif: Meningkatkan jarak menembak, Mengurangi Verikal Recoil, Mengurangi Flinch ketika terkena serangan
Negatif: Mengurangi kecepatan gerak dan meningkatkan persebaran peluru dalam posisi ADS

MAC-10

  • Pengurangan damage pada jarak menengah

ASM10

  • Meningkatkan kecepatan Reload Taktis 
  • Meningkatkan kecepatan Reload ketika peluru sudah kosong

Man-O-War

  • Meningkatkan kecepatan Reload Taktis 
  • Meningkatkan kecepatan Reload ketika peluru sudah kosong

HBRa3

  • Meningkatkan jarak menembak
  • Attachment Thunderbolt Sling: Mengurangi persebaran peluru pada posisi Hip Fire

FR .556

  • Meningkatkan jarak menembak

BK57

  • Meningkatkan jarak menembak

KN-44

  • Meningkatkan Damage pada bagian kepala agar bisa membunuh lawan dalam 26m dengan 3 peluru
  • Meningkatkan jarak menembak

CR-56 AMAX

  • Meningkatkan jarak menembak

Peacekeeper MK2

  • Meningkatkan Dasar Peluru yang dibawa
  • Meningkatkan jarak menembak dasar (Tidak bekerja ketika menggunakan Attachment Rapid Fire Barrel)
  • Attachment Double Stack Mag: Meningkatkan kecepatan reload

M4LMG

  • Meningkatkan jarak menembak

UL736

  • Meningkatkan jarak menembak

Hades

  • Meningkatkan jarak menembak
  • Attachment Crossbar: Mengurangi persebaran peluru pada posisi Hip Fire

AK117
Sebagai salah satu senjata dengan kecepatan menembak paling cepat, AK117 merupakan favorit banyak Soldier namun memiliki rekoil yang tinggi dan lemah dalam jarak menengah. Kami memutuskan untuk meningkatkan jarak menembak dan damage pada lapisan kedua serta meningkatkan perhitungan damage pada bagian dada dan tangan agar bisa membunuh lawan dengan 4 peluru pada bagian dada dan tangan. Diharapkan dengan perubahaan ini, AK117 bisa menjadi salah satu pilihan untuk para Soldier setelah update ini.

  • Meningkatkan jarak menembak
  • Meningkatkan damage
  • Meningkatkan perhitungan damage pada bagian dada dan tangan 

Pada saat yang sama, kami telah meningkatkan aksi reload dan merapikan animasi waktu reload sesuai dengan performa aslinya didalam game.

  • Mengurangi kecepatan reload

LK24
Pada awal LK24 dikeluarkan, kami ingin LK24 menjadi pilihan pertama yang digunakan untuk Camping pada jarak menengah hingga jauh. Namun perubahaan persebaran peluru yang dilakukan pada update kali ini merubah karakteristik dari senjata ini dan kami ingin mengatur ulang bagaimana LK24 digunakan didalam permainan.
Kami telah menyesuaikan logika persebaran peluru untuk beberapa peluru pertama sehingga memiliki akurasi lebih tinggi walaupun persebaran akhir pelurunya tetap sama ketika menembak secara terus menerus; Dan persebaran peluru ketika menembak sambil bergerak akan meningkat 

  • Meningkatkan jarak menembak
  • Meningkatkan Damage 
  • Meningkatkan perhitungan Damage pada bagian tangan

GKS
Sebagai SMG dengan kecepatan menembak menengah, GKS mengalami kesulitan untuk dimasukan dalam komposisi tim apapun. Untuk meningkatkannya, kami memberikan tambahan kecepatan gerak, menstabilkan persebaran peluru ketika sedang bergerak dan meningkatkan kemampuan senjata agar lebih cepat dalam mengambil reaksi ketika dari posisi lari dan menembak. Kami juga menyesuaikan perhitungan Damage dari GKS agar bisa membunuh lawan dalam 3 peluru dalam jarak dekat.

  • Menyesuaikan jarak tembakan
  • Menyesuaikan Damage 
  • Meningkatkan perhitungan Damage pada bagian Kepala, Dada dan Tangan

Renetti
Tiga peluru Burst dari Renetti memiliki kemampuan akurasi yang tinggi, namun jarak 6m-15m masih terlalu pendek dibandingkan seluruh senjata Secondary lainnya. Kami memutuskan untuk meningatkan jarak tembakan agar lebih mudah digunakan oleh para Soldier.

  • Meningkatkan jarak menembak

Multiplayer
Perk: Persistence
Pada awalnya, Persistence ditujukan agar pemain bisa menggunakan berbagai Scorestreak unik dari seri COD. Namun karena Perk ini terlalu kuat, pemain bisa mendapatkan Scorestreak point tinggi dengan mudah dan mempengaruhi pengalaman bermain seluruh pemain ketika ada Soldier yang menggunakan Perk ini. Kami memutuskan untuk melakukan perubahaan besar untuk Perk ini dengan detil dibawah

  • Persistence dirubah menjadi Perk Biru; Sehingga tidak bisa digunakan bersamaan dengan Perk Hardline
  • Ketika menggunakan Persistence, seluruh Scorestreak akan dibagi menjadi 3 segmen sesuai dengan skor aktivasinya, Pemain hanya bisa menggunakan 1 Scorestreak dari setiap segmen ketika Perk ini digunakan; Dengan ini, pemain tidak bisa memilh 3 Scorestreak dengan skor besar secara bersamaan.

Scorestreaks
Kami melihat performa dari seluruh Scorestreak dan melakukan perubahaan untuk beberapa dari Scorestreak:

EMP Systems

  • Pengurangan Score yang dibutuhkan untuk mengaktifasi

Orbital Laser

  • Meningkatkan Score yang dibutuhkan untuk mengaktifasi
  • Mengurangi durasi Orbital Laser mengudara

Napalm

  • Mengurangi durasi Napalm mengudara

Chopper Gunner

  • Meningkatkan Score yang dibutuhkan untuk mengaktifasi

Battle Royale
Pada versi sebelumnya, kami memprioritaskan pertarungan pada jarak menengah dan melakukan perubahaan senjata keseluruhan pada Assault Rifle dan LMG. Namun perubahaan sebelumnya belum mencapai harapan kami. Kecepatan peluru yang lambat dan persebaran peluru pada posisi ADS yang besar membuat banyak senjata jarak menengah yang belum mengeluarkan potensi mereka. 

Mobilitas dari LMG di mode Battle Royale juga mempengaruhi bagaimana cara memainkan mereka sehingga kami telah meningkatkan kecepatan gerak, namun masih lebih lambat dibandingkan Assault Rifle.

Penyesuaian Kecepatan Peluru

  • Meningkatkan kecepatan peluru untuk semua Assault Rifle dan LMG kecuali AS VAL.
  • Meningkatkan kecepatan menembak untuk Sniper Rifle dan Marksman Rifle

Penyesuaian Persebaran Peluru

  • Pengurangan persebaran peluru dari posisi ADS untuk seluruh Assault Rifles dan LMG 
  • Persebaran minimum/maksimum sekarang menjadi mirip dengan seluruh LMG dan Assault Rifle
  • LMG akan mencapai persebaran peluru maksimum lebih lambat dibandingkan Assault Rifle ketika menembak terus menerus.

Penyesuaian Kecepatan Gerak

  • Meningkatkan kecepatan gerak dasar untuk seluruh LMG

Penyesuaian Mod Runner

  • Durasi dan kecepatan akselerasi akan bervariasi sesuai dengan tipe senjata
  • Durasi akselerasi dari tipe senjata selain Sniper Rifle atau LMG telah dikurangi secara signifikan.
  • Mengurangi kecepatan Cooldown dari mod

Class: Scout

  • Informasi yang diberikan melalui Scout terlalu terbatas, kami meningkatkan frekuensi dan durasi dari setiap pengunaan Class Skill dari Scout.
  • Meningkatkan kecepatan Charge dari Skil
  • Meningkatkan Durasi ketika Skill mencapai Lv.2 

Class: Mechanic
Jarak pencarian dari EMP drone tidak jauh namun dalam posisi Drone yang tidak bisa menemukan musuh (Standby), pengguna Class ini sangat mudah ditemukan oleh musuh.

  • Meningkatkan kecepatan gerak dari Drone ketika menemukan musuh
  • Meningkatkan jarak pencarian dari Drone
  • Mengurangi waktu Drone terbang diatas pemain
  • Mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk Drone agar bisa digunakan kembali